Kapolsek Hadiri Upacara Hajat Laut (Selamatan Leut) oleh suku Bajau Samah Desa Rampa

TRI BRATA NEWS POLRES KOTABARU – Kapolsek Pulau Laut Utara IPTU YACOB SIHASALE, S.E., M.Hum, menghadiri pembukaan Acara adat Selamatan Leut oleh suku Bajau Samah Desa Rampa,

Pada hari Senin Tanggal 23 Desember 2019 Skj 21.00 Wita bertempat di Dermaga TPI Desa Rampa Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru.

Hadir pula dalam acara tersebut Camat Pulau Laut Utara KHAIRIL FAJRI,S.STP,

Danramil 1004 KAPTEN EKO NS, Kapolsek

IPTU YACOB SIHASALE, S.E., M.Hum, Polair Polres Kotabaru IPDA TOTO S, PS Pabinpotmar TNI AL LETDA KURNIA MALIK, Babinsa SERTU KAMARUDIN dan Bhabinkamtibmas Desa Rampa AIPDA DEDY TRI W, Kepala Desa Rampa SYAMSIR ALAM serta warga Masyarakat sekitar.

Acara adat ini merupakan bentuk wujud syukur warga kepada Allah SWT yang telah melimpah atas rejeki “berkah laut” serta keselamatan terhadap para nelayan. Selain itu hajat laut juga dimaksudkan agar nelayan senantiasa diberikan keselamatan dalam mencari ikan sehari-harinya

Ada pun rencana Rangkaian kegiatan dari Selamatan Leut oleh suku Bajau Samah berupa, festival musik Allahay, syair senandung dan musik dangdut, pelaksanaan sholat hajad bersama, pembacaan syair Burdah. Selain itu berbagai macam perlombaan seperti catur, badminton, dayung tradisional, kapal hias, burung dara, balap perahu dan titi tali.

Kapolsek Pulau Laut Utara IPTU YACOB SIHASALE, S.E., M.Hum, menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan tradisi budaya lokal di wilayah pesisir Desa Rampa sebagai bentuk komunitas antar sesama nelayan demi mempertahankan nilai nilai adat yang ada.

“Dengan adanya hubungan yang harmonis dan berkesinambungan antara Polri dengan masyarakat maka akan tercipta situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif”, ujar Kapolsek.

Penulis : Ardi

Editor : Humas Polres Kotabaru

Publish : Humas Polres Kotabaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *