Home » KELUMPANG BARAT » Sosialisasi Program PKH dari Dinas Sosial Kotabaru didampingi Kapolsek Kelumpang Barat

Sosialisasi Program PKH dari Dinas Sosial Kotabaru didampingi Kapolsek Kelumpang Barat

TRIBRATA NEWS POLRES KOTABARU -Bertempat di Aula Kecamatan Kelumpang Barat, Pendamping Penerima Keluarga Harapan (PKH) Abdul Rasyid S.pd melaksanakan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga ( P2K2 ) sekaligus Sosialisasi Penyaluran Bansos PKH 2019 yang dihadiri 30 KPM. Di tahun ini, indek bantuan sosial untuk PKH sudah dipastikan nilainya lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Kementerian Sosial RI menetapkan indek bantuan sosial untuk ibu hamil, balita, anak sekolah (SD, SMP, dan SMA), lanjut usia dan Penyandang Disabilitas Berat, Kamis (21/03/2019).  Semua KPM harus mengetahui jumlah nominal nilai bantuan sosial PKH pada tahun 2019, karena sekarang ini skemanya non flat dan mulai…

Review Overview

User Rating: Be the first one !

TRIBRATA NEWS POLRES KOTABARU –Bertempat di Aula Kecamatan Kelumpang Barat, Pendamping Penerima Keluarga Harapan (PKH) Abdul Rasyid S.pd melaksanakan kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga ( P2K2 ) sekaligus Sosialisasi Penyaluran Bansos PKH 2019 yang dihadiri 30 KPM.

Di tahun ini, indek bantuan sosial untuk PKH sudah dipastikan nilainya lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Kementerian Sosial RI menetapkan indek bantuan sosial untuk ibu hamil, balita, anak sekolah (SD, SMP, dan SMA), lanjut usia dan Penyandang Disabilitas Berat, Kamis (21/03/2019).

 Semua KPM harus mengetahui jumlah nominal nilai bantuan sosial PKH pada tahun 2019, karena sekarang ini skemanya non flat dan mulai berlaku di bulan Januari, sehingga pendamping PKH wajib menyampaikan kepada KPM. Sistem non flat ini, bantuan yang diberikan bervariasi atau berbeda-beda sebab disesuaikan dengan beban kebutuhan keluarga dari aspek kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan sosial.

“Karena ketika dibagi secara rata, ditakutkan ada sebagian KPM yang salah paham karena di sisi lain banyak KPM yang sudah tidak memiliki anak sekolah dan tidak disabilitas berat,” sambunya.

 Sebagai contoh bila ada KPM yang sedang hamil mempunyai anak balita, tinggal bersama lansia serta tinggal bersama disabiltas maka nominal bantuan yang didapat Rp. 2.400.000,00 per jiwa per tahun. Sementara itu untuk KPM yang mempunyai anak SD mendapatkan bantuan tambahan pertahun Rp. 900.000 perjiwa, anak SMP Rp. 1.500.000,00 perjiwa dan anak SMA Rp. 2.000.000,00 per jiwa. Ketentuannya bantuan PKH ini diberikan maksimal bagi empat orang per keluarga setiap komponen namun semua anggota keluarga juga wajib memenuhi komitmen serta kebutuhan keluarga seperti pemeriksaan kehamilan, imunisasi, rajin sekolah dan pemeriksaan kesehatan.

Diharapkan dengan adanya kenaikan bansos PKH dapat mempercepat kesejahteraan keluarga KPM PKH dan dapat memberikan dampak pengurangan kemiskinan serta kesenjangan untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang kurang mampu ” ucap Kapolsek Kelumpang Barat Iptu Beno Widiyanto.

Sehingga perlu dukungan berbagai instansi dan elemen masyarakat untuk mensukseskan PKH yang merupakan salah satu program prioritas nasional dari Kementerian Sosial RI.

Penulis : Opt Polsek Kelumpang Barat
Publish : Humas Polres Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bagikan Takjil Guna Meningkatkan Silaturrahmi Antar Sesama Muslim

TRIBRATA NEWS POLRES KOTABARU – Polsek Kelumpang Barat membagikan takjil kepada warga muslim yang sedang ...

Polsek Kelumpang Barat melakukkan kunjungan ke SMP wujud Implementasi Program Polri

TRIBRATANEWS POLRES KOTABARU – Kapolsek Kelumpang Barat IPTU BENO WIDIYANTO melaksanakan kegiatan kunjungan ke sekolah ...

Kampanye PKB di Tanjung Sari dijaga Ketat Polsek Kelumpang Barat

TRIBRATA NEWS POLRES KOTABARU – Dalam rangka mensukseskan Pemilu tahun 2019 yang aman, Polsek Kelumpang Barat ...

%d blogger menyukai ini: