Personil Sat Intelkam Ketempat Olahan Bahan Makanan Laut, Ada Apa ya??

Satuan Intelkam Polres Kotabaru, Senin ( 18/9/2017) berdasarkan agenda kegiatan Satgas Pangan Polres Kotabaru dalam mengantisipasi adanya bahan makanan yang mengandung formalin khususnya Bahan Makanan Laut, Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto S.Ik MH melalui Kasat Intelkam Polres Kotabaru Akp Heriyanto memerintahkan personil Sat Intelkam Unit II Bid Ekonomi untuk melakukan pengecekan terhadap pengolah bahan makanan laut di Pasar Kemakmuran Kotabaru

Satuan Intelkam Meninjau olah makanan Laut

Baca Juga Satuan Intelkam Polres Kotabaru Berkoordinasi Dengan Tokoh Agama

Dalam kesempatan tersebut sebagai salah satu bentuk pengawasan, Polres Kotabaru menghimbau agar pengolah bahan makanan laut tidak menggunakan bahan makanan yang mengandung Formalin dan bahan Kimia Berbahaya lainya.

Alasan ekonomi memang menjadi pangkal dari penyalahgunaan zat kimia berbahaya bagi tubuh dalam penganan. Padahal pangan yang aman, bermutu dan bergizi adalah hak setiap orang. Tapi sepertinya penganan ideal ini hanya sebatas impian. Apalagi untuk makanan yang nikmat tapi murah

Modus yang biasa dalam melakukan produksi ikan asin berformalin itu, para pelaku membeli ikan yang masih segar dari para nelayan. Selanjutnya ikan tersebut direndam ke dalam air yang telah dicampur dengan formalin untuk bahan pengawet. Setelah itu, ikan-ikan tersebut dijemur.

Sebenarnya sudah ada produk pengawet ikan yang sudah direstui penggunaannya, yaitu minatrid. Namun karena alasan masih baru dan kesulitan untuk mencari bahan pengawet ini, formalin masih merajalela. Padahal asupan formalin dalam tubuh yang berlangsung menahun dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pernapasan, gangguan pada ginjal dan hati, sistem reproduksi dan kanker. Polres Kotabaru Polda Kalimantan Selatan.

Penulis : Yandi

Editor : Arief

Publish : Jefri

Sumber Berita : Satuan Intelkam Polres Kotabaru

One Reply to “Personil Sat Intelkam Ketempat Olahan Bahan Makanan Laut, Ada Apa ya??”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *