Kapolres Kotabaru Akbp M Gafur Aditya Siregar, Sik, Ikut Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023

kotabaru.kalsel.polri.go.id – Kapolres Kotabaru Polda Kalimantan Selatan Akbp M Gafur Aditya Siregar, Sik. mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) Tahun 2023 yang diselengarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta Internasional Expo. Kamis (02/03/23).

Rakor di buka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan tema “Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana”.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan saat ini semua Negara tengah mewaspadai perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana.

“Perubahan iklim itu menyebabkan frekuensi bencana alam di dunia naik drastis dan Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana,”

Ungkap Jokowi Lebih lanjut, terkait tahapan prabencana, Presiden Jokowi menekankan sejumlah hal :

Pertama, yaitu sistem peringatan dini.

Kedua, memberikan edukasi bencana kepada masyarakat, seperti edukasi mengenai upaya yang harus dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi atau adanya potensi letusan gunung berapi.

“Mengedukasi masyarakat, memberikan pelatihan kepada masyarakat itu jauh lebih penting. Sehingga masyarakat tahu ke mana akan lari, ke mana akan berlindung,” kata Presiden.

ketiga berkaitan dengan tata ruang dan konstruksi dan Presiden meminta jajaran terkait terutama dinas pekerjaan umum daerah dan badan perencanaan pembangunan daerah untuk memperhatikan mengenai hal itu.

Selanjutnya Presiden juga menghimbau seluruh jajaran terkait untuk memperhatikan peta kerawanan bencana dalam memberikan izin pendirian bangunan.

Sebagaimana diketahui Penyelenggaraan Rakornas PB Tahun 2023 ialah sebagai sarana koordinasi antar BNPB dan BPBD beserta stakeholder terkait baik pusat maupun daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Adapun tujuan yang akan dicapai dari penyelenggaraan Rakornas PB tahun 2023 adalah :

1. Penguatan kolaborasi dan sinergitas lembaga PB dari level pusat hingga ke daerah.

2. Identifikasi hambatan, tantangan, dan evaluasi capaian program PB di Daerah hingga tahun 2023.

3. Internalisasi dan penyelarasan rencana program PB Nasional-Provinsi – Kabupaten / Kota dan antar daerah tahun 2023 dan 2024.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menekankan pentingnya penguatan manajemen risiko bencana alam di Indonesia.

Hal tersebut untuk menindaklanjuti instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada jajaran TNI-Polri dan stakeholder terkait.

“Harapan Pak Presiden Kita memiliki manajemen risiko yang baik pada saat tahapan pra, pada saat tanggap darurat dan pasca-bencana juga akan semakin baik” Ungkap Kapolri saat Rakornas.

(Humas Polres Kotabaru)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *