Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Intan 2023 Dalam Rangka Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Kabupaten Kotabaru

Polres Kotabaru Polda Kalsel _Bertempat di Lapangan Apel Polres Kotabaru dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Intan 2023 dalam rangka pengamanan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Kotabaru. Kamis (21/12/23) pukul 08.00 Wita.

Kapolres Kotabaru, AKBP Dr. TRI SUHARTANTO., S.H., M.H., M.Si, memimpin Apel dengan dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Danlanal Kotabaru, Kepala Kejaksaan Negeri Kotabaru, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kotabaru, dan unsur TNI serta pihak terkait lainnya.

 

 

Pasukan terdiri dari Pleton Kodim 1004 Kotabaru, Pleton Lanal Kotabaru, Pleton Sat Samapta Polres Kotabaru, Pleton Sat Polairud Polres Kotabaru, dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Kapolres Kotabaru menegaskan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan tahap pengecekan terakhir untuk memastikan kesiapan personel dan sarana prasarana. Dengan melibatkan 166.322 personel gabungan, operasi ini bertujuan menjaga kondusifitas perayaan Natal dan Tahun Baru di tengah meningkatnya mobilitas masyarakat.

Momentum Natal dan Tahun Baru selalu dinanti, namun juga dihadapkan pada potensi gangguan, termasuk varian Covid-19 terbaru. Untuk itu, penguatan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi menjadi fokus pengamanan.

Tak hanya itu, pengamanan melibatkan penanganan potensi gangguan lalu lintas, kejahatan konvensional, hingga ancaman terorisme. Tim tanggap bencana juga disiapkan untuk mengantisipasi potensi bencana alam.

Kapolres mengimbau agar pengaturan rekayasa lalu lintas mengikuti pola Idul Fitri tahun 2023, sementara objek wisata diberikan perhatian khusus untuk mencegah kemacetan. Pengamanan ibadah Natal dan perayaan malam tahun baru juga mendapat sorotan, melibatkan TNI, BNPT, Brimob, K-9, dan Densus 88/AT.

Melalui Command Center yang terintegrasi dengan CCTV, pengawasan dilakukan secara optimal. Strategi komunikasi publik juga diperkuat untuk memastikan informasi disampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Kapolres menekankan bahwa keberhasilan Operasi Lilin 2023 adalah tanggung jawab bersama. Sinergisitas dan soliditas diharapkan mampu menciptakan situasi aman dan kondusif, memungkinkan masyarakat melaksanakan ibadah dan merayakan tahun baru dengan khidmat dan suka cita.

Apel gelar Pasukan berakhir pada pukul 08.30 Wita, dengan kegiatan berlangsung dalam situasi aman dan kondusif. Kapolres mengakhiri amanatnya dengan mengucapkan “Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” berharap cahaya dan cinta kasih Tuhan mengiringi setiap langkah demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

(Humas Polres Kotabaru).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *