Jelang Masa Kampanye Pemilu 2024, Polisi di Kotabaru Kalsel Bakal Gencar Patroli Siber

0
1

[checklist][/checklist]

Polres Kotabaru Polda Kalsel _Aparat kepolisian di wilayah Kabupaten Kotabaru, bakal rutin melakukan patroli siber menjelang tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) pada 2024 mendatang.

Langkah itu diambil karena potensi konflik tidak hanya terbatas pada wilayah, namun juga dapat terjadi di dunia maya. Utamanya terhadap konten yang bermuatan black campaign atau kampanye hitam.

Kapolres Kotabaru Akbp Dr. Tri Suhartanto, SH.MH.M.Si, melalui Kabag sumber daya manusia (SDM) Akp Machmoud Terryadi menyampaikan kepada para pejabat penyelenggara Pemilu dan para pimpinan Parpol Kotabaru bahwa pihaknya tak hanya melakukan antisipasi pengamanan di lapangan saja.

Namun, juga mengawasi black campaign yang biasanya ditemui di media sosial. Sembari memastikan tingkat kerawanan di wilayah Kabupaten Kotabaru.

“Black campaign itu juga sudah kita pastikan. Jadi kita akan melakukan patroli siber, untuk menjawab tantangan yang ada sekarang,” kata Akp Machmoud Terryadi saat acara Ngupi Bekisahan atau Ngopi sambil ngobrol di Cafe & Resto Wins Food Kotabaru pada  Jumat (17/11/2023).

Machmoud Terryadi menyebutkan, satuan tugas operasi intens dalam melakukan pemantauan aktivitas penggunaan media sosial untuk mengantisipasi penyebaran informasi hoaks atau berita bohong.

Ada beberapa prioritas sasaran patroli siber, di antaranya konten ujaran kebencian, black campaign, politisasi suku, agama, ras, dan antar golongan atau SARA. Kemudian disinformasi serta pencemaran nama baik yang bisa saja dilakukan.

Untuk menjawab tantangan tersebut maka patroli siber harus gencar dilakukan. Apabila hal tersebut tidak segera diatasi dikhawatirkan akan menciptakan situasi yang tidak kondusif di Kabupaten Kotabaru.

“Kita selalu menyampaikan kepada masyarakat. Patroli siber kita lakukan untuk menjawab tantangan yang ada sekarang zaman teknologi informasi. Jadi kita pun harus selesaikan dengan teknologi informasi juga,” Tutur  Machmoud Terryadi.

(Humas Polres Kotabaru).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini