Siap Amankan Pemilu 2024; Polres Kotabaru Gelar Rakor Ops Mantap Brata 2023-2024

Polres Kotabaru Polda Kalsel _Bertempat di Aula Sanika Satyawada Polres Kotabaru, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi kesiapan operasi “Mantap Brata 2023 – 2024” dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024. Selasa (17/10/23) pukul 10.00 Wita.

Rapat ini dipimpin oleh Kapolres Kotabaru Akbp Dr. Tri Suhartanto, S.H., M.H., M.Si., didampingi oleh Sekertaris Daerah Kab.Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, M.M., Pasi Intel Kodim 1004 Kotabaru Kapten Gabriel Langat, Ketua KPU Kotabaru Andi Muhammad Saidi, S.Sy., M.Sos., Ketua Bawaslu Kotabaru RONI Syafriansyah, S.I.Kom, dan Kasi Pidum Kejari Kotabaru Novitasari, S.H.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakapolres Kotabaru Kompol Agus Rusdi Sukandar, S.H., S.I.K., M.H., Pasintel Lanal Kotabaru Kapten Laut (E) Yogo Darma, S.T. Han., Dandenpom Lanal Kotabaru Kapten Laut (PM) Vira Effendi, Pasops Lanal Kotabaru Kapten Laut (P) Mariyono, Kapos TNI AU Lanud Sjamsudin Noor Letda (Sus) Wahyu Dwi Hartanto, para Kapolsek dan PJU Polres Kotabaru, Kepala SKPD Kab. Kotabaru, dan Perwakilan Parpol peserta Pemilu 2024.

Dalam sambutan Kapolres Kotabaru, dijelaskan bahwa rapat ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi terkait permasalahan Pemilu sebelumnya. Terdapat tiga tahapan dalam Pemilu, yaitu Pra Pemilu, Inti Pemilu, dan Pasca Pemilu, dan Polres Kotabaru membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk menjaga Kamtibmas Kab. Kotabaru agar aman dan kondusif serta meminimalisir Golput.

Ketua KPU Kotabaru memberikan paparan terkait isu krusial dalam Pemilu 2024 dan upaya untuk menyelesaikannya. Terdapat perubahan dalam pelaksanaan kampanye, di mana peserta dilarang mempersoalkan dasar negara Pancasila dan menghindari penggunaan fasilitas pemerintah, tempat ibadah, dan tempat pendidikan tanpa izin.

Ketua Bawaslu Kotabaru menjelaskan peran Bawaslu dalam mengawasi pemilu dan pemilihan, serta mengatasi tantangan pemilu serentak 2024. Mereka akan melakukan pengawasan non-tahapan dan memetakan Indeks Kerawanan Pemilu.

Pasi Intel Kodim 1004 Kotabaru menegaskan dukungan TNI dalam pengamanan Pemilu 2024, dengan menjunjung tinggi netralitas personilnya. TNI juga akan melaksanakan Operasi Militer Perang untuk mengamankan pemilu.

Sekda Kab. Kotabaru menyatakan dukungan Pemkab Kotabaru dalam pelaksanaan Pemilu 2024, terutama mengatasi masalah geografis di daerah dengan banyak pulau terluar.

Pola pengamanan dan potensi kerawanan tahap hitung suara juga dijelaskan dalam rapat ini untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang aman dan lancar. (Humas Polres Kotabaru).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *