Polres Kotabaru; Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Intan 2023-2024 Dalam Rangka Pemilu 2024

0
1

Polres Kotabaru Polda Kalsel _Pada hari Selasa, tanggal 17 Oktober 2023, pukul 08.00 Wita, bertempat di  Lapangan Obyek Wisata Siring Laut Kotabaru  dilaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata Intan 2023-2024. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Kotabaru, AKBP Dr. TRI SUHARTANTO.,S.H.,M.H.,M.Si.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Sekda Kabupaten Kotabaru Drs. SAID AKHMAD.,M.M., Danlanal Kotabaru LETKOL LAUT (P) HAPSORO A. PURBANINGTYAS.,S.H., Wakapolres Kotabaru KOMPOL AGUS RUSDI SUKANDAR.,S.H.,S.I.K.,M.H., serta sejumlah perwakilan dari berbagai instansi terkait.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Kapolres Kotabaru, Bpk. Kapolri menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan ini merupakan langkah terakhir dalam mengecek kesiapan personel dan sarana prasarana untuk Operasi Mantap Brata 2023-2024. Operasi ini bertujuan untuk memastikan Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar.

Pemilu 2024 dianggap sebagai pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi dan menentukan masa depan bangsa. Untuk mengamankan Pemilu 2024, Polri didukung oleh TNI, Kementerian/Lembaga terkait, dan mitra kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024, melibatkan 261.695 personel di seluruh Indonesia.

Operasi ini juga melibatkan pola pengamanan sistem wilayah/zonasi bagi Korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara. Selain itu, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024 untuk mengantisipasi polarisasi, hoaks, isu SARA, dan black campaign.

Penting untuk mencatat bahwa terdapat wilayah yang dianggap rawan, dan langkah-langkah antisipasi sedang ditempuh. Dalam menghadapi berbagai potensi konflik sosial, penanganan dilakukan dengan proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas, dan nesesitas. Upaya antisipasi bencana alam dan potensi serangan terorisme juga menjadi perhatian serius.

Penekanan dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024 mencakup peningkatan iman dan ketakwaan, kesiapan perlengkapan, pengamanan dengan tanggung jawab dan profesionalisme, pengawasan oleh pimpinan, pengaturan jadwal pengamanan, komunikasi publik, sinergi antar personel dan stakeholder, serta dukungan penuh masyarakat.

Seluruh personel yang terlibat diharapkan dapat bekerja sama dalam mengamankan Pemilu 2024 demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. (Humas Polres Kotabaru).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini